Asal Usul Bendera Nusantara (Indonesia, Malaysia, Singapura)

Ada banyak ragam bendera bangsa di dunia ini, pernahkah terlintas di pikiran kita bahwa masing-masing warna atau gambar yang terdapat di bendera setiap bangsa mengandung arti, nilai dan kepribadian tersendiri, sesuai dengan riwayat sejarah bangsa tersebut?

Kita sebagai bangsa Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang mendiami wilayah Nusantara mencoba mencari tau dari mana asal mula bendera bangsa kita berasal, lantas apa arti yang terkandung dari pada bendera bangsa kita?

Mari kita bersama simak infografik berikut:

 
Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Nusantara.

Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (Gendero Pusoko Getih Getah Samudro), ternyata Majapahit mempunyai bendera kerajaan yaitu bendera Merah-Putih dan prajurit Majapahit dinamakan Prajurit Gula Kelapa. Gula Kelapa itu berwarna merah dan terbuat dari sari buah kelapa yang berwarna Putih. Ada juga yang menyebutkan bahwa prajurit Majapahit dinamakan Prajurit Getih-Getah seperti yang kita ketahui bahwa Getih itu berwarna Merah dan Getah berwarna Putih.

Getih (dalam Bahasa Jawa: darah) berwarna merah, yaitu zat yang memberikan kehidupan bagi makhluk hidup, dan Getah tumbuh-tumbuhan berwarna putih. Demikian kepercayaan yang terdapat di Kepulauan Austronesia dan Asia Tenggara.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Usul Bendera Nusantara (Indonesia, Malaysia, Singapura)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel